Wednesday, March 13, 2013

RESEP TUMIS KANGKUNG ENAK

         
          Haloooooo sist, absen dulu ya, siapa yang suka masak? masakan bisa jadi salah satu kunci pemikat hati lo. kata orang zaman dahulu dan sekarang, kalau kita pintar masak, maka suami kita akan betah dirumah, ya karena rindu masakan kita. ngak percaya?!! terserah
 
          Untuk kita-kita yang kepingin jadi calon ibu, Dizaman sekarang ini bisa (gak harus pinter) masak itu jadi tuntutan, kewajiban dan Kudu Bangeeettttssss... idih maksa ya.. hahaha soalnya ni sist percaya gak percaya, makanan yang beredar diluar mayoritas tidak sehat, bukan karena cara memasaknya yang salah atau tempatnya yang gak higinis, tapi bahannya itu lo.. hem... terutama bahan tambahanya.. waduuuuuuh.. bikin setor umur lebih cepet aja. sayang kan kalau kita n  orang-orang tercinta  harus mengkonsumsi makanan yang kagak sehat. kl ane ma kagak rela.... 

          So sebagai kauam hawa (kaum adam juga boleh) lebih baik untuk mengolah makanan sendiri, kan biyar lebih aman nyaman dan pastinya hemaaaatsss... * loe piker kerjaan gue Cuman masak n ngusur suami ama anak ajah.. !!!! sabar Sist, gak harus setiap hari kok kalau sista ingin masak. paling tidak beberapa hari sekali, beberapa bulan sekali, beberapa tahun sekali juga gak ada yang nglarang, pas tahun baruan atau hari Raya aja.  yang pentingkan sedikit meminimalisir bahaya dari zat tambahan makanan itu. *Eiiiiiiiiits gue belum nikah ye, so tar aja dah masaknya, sekarang mah beli aja. Sista kalau ente kagak belajar masak n nyicil masak mulai sekarang, brarti ente udah nabung zat-zat tambahan makanan yang berbahaya tu. ya kl tar ente sehat-sehat aja, atau sakit parah trus langsung ke Akhirat itu gak papa, orang yang di tinggal ihlas kok, tapi coba bayangin kl ente sakit-sakitan n bikin repot orang-orang sekitar, idiiih... gak enak kan. OK cukup. intinya ini ane ada resep Tumis kangkung Enak, kenapa ane sebut enak..??? ini dia jawabanya.
 
NB: Dijamin, garansinya ane sist
 
 
Bahan dan Resep Tumis Kangkung  Enak
 


 
Bahan:
1.      300 gram kangkung.(satu ikat sedang) (kalau pengen sedap pakai kangkung medan. yang batangnya besar-besar dan daunya lebar)
 
kangkung Medan/Darat (Recommended)
 
 
kangkung air
 
2.      1 sendok makan minyak goreng (kalau pengen lebih gurih pakai margarine, cuman harus dimakan saat hangat, kl dingin akan menggumpal menjadi lemak)
 
3.      daun bawang ( sesuai selera)
 
daun bawang (Recommended)
daun Bawang
 
Bumbu tumis kangkung :
1.      1/2 sendok  terasi halus (sesuai selera)
2.      1/2 ruas jari lengkuas, iris tipis
3.      3 buah cabai merah besar dan kecil (rawit), iris serong, boleh bulat, sesuai selera.
4.      4 butir bawang merah, iris tipis
5.      3 siung bawang putih, boleh di geprek boleh di iris.
6.      Garam secukupnya
7.      Gula secukupnya
8.      1 butir tomat ukuran kecil.
 
Cara memasak
1.  Pertama siangi kangkung lalu cuci bersih dan tiriskan. (kalau suka yang renyah maka siangi dengan pisau,/ potong-potong dengan pisau. tapi kalau ingin tumis kangkung jadi lembut maka harus pakai tangan, dan sedikit di kremes-kremes)
3.  Tumis bawang putih dan bawang merah. setelah setengah matang masukan cabe dan tomat (dan daun bawang). tumis sampai matang dan harum. masukan lengkuas.
5.  Masukkan kangkung lalu masak sampai semua matang. 2 menit sebelum diangkat, masukan garam terasi dan gula (kalau tumis kangkung lebih nikmat jika tidak dimasak terlalu matang, jika ingin sedikit berkuah bisa di tambah air)
6. angkat dan sajikan.
 
Mudah to… enak to… gampang to…
Nah ini dia sist ada beberapa peraturan dalam memasak tumis kangkung.
1.      Kenapa bumbunya tidak di ulek, tapi di iris, kalau untuk tumis itu lebih harus kalau di iris, kalau sista termasuk orang yang suka cita rasa nacap alias bumbunya kerasa bangetsss bias di ulek. Cuman kekurangan di ulek rasa dari masing-masing bumbu bias saling merusak.
 
iris bumbu (Recommended)
 
 
mengulek bumbu
 
2.      Dalam memasak kangkung (termasuk masak lainya) upayakan untuk tertib sist, soalnya akan mempengaruhi rasa, kalau sista mau rasa gurih yang dominan maka bawang putih dan merah di tumis dahulu, tapi kalau sista maunya yang rasanya campur-campur, hemmmm jadi rasanya saling bertabrakan  bias langsung di ulek deh smua bumbu, trus di tumis bareng. Silahkan dipilih… mumpung diskon.
3.      Masak tumis kangkung dan sayuran lainya lebih nikmat dan cantik kalau pakai api yang besar. Wakni awal masak sayurnya. Kalau waktu numis bumbu api boleh biasa-biasa saja. Tapi pas sayurnya nyemplung diutamakan pakai api besar ya sist. Biayar matang sempurna dan warna sayurnya cantik dan cerah kayak ane. *wew…
 
dimasak dengan api kecil
 
dimasak dengan api besar (Recommended)
 
4.      kenapa garam ama terasi kagak dimasukan dulu ye??... siiip smart question. Menurut penelitian dan praktikum yang ane lakukan selama ini, kalau garam dimasukan dahulu, yakni saat gnumis bawang putih ama bawang merah, jadinya rasa asinya lebih terasa, nah kalau rasa asin itu jadi matiin rasa gurihnya sist. Belum lagi kalau apinya terlalu besar, si garam (tidak terkecuali gula) akan cepat matang, efeknya jadi ghooshongshsxx (baca gosong) deh. Kalau gosong rasanya akan pahit. *ooooooo begitu… e tapi kenapa si terasi juga di masukin terakhir? Aneh! Begini sist.. kalau sista suka tumis kangkung yang rasa trasinya nancap, alias traszzii bangets boleh dimasak suluan. Cuman kalau  trasinyahanya sebagai penyedap aja, masukin terakhir. Soalnye terasi kalau di goreng rasanya jadi nacaaaaab. So bias di pilih.
 
 
5.      *ane kagak suka pedas ni sist… nah buat sista yang kagak suka pedas, ya kasih cabenya dikit aja. Atau masak aja cha kangkung. Resepnya nyusul ya.
 
6.      INGAT yang ini penting Ba nGe Tess. Lebih baik kalau masak gak usah dikasih MSG dan saudara-saudaranya ya. * waaaaaaaaaaaaah kagak enak sist. Iya uda boleh ngasih cuman dikiiiiit aja ya. *wah gak sedap dong… sedap kok asal cara masaknya bener. Malah kalau tanpa MSG masakan jadi gak enek, sehat pisan.  *sumpe lo?!!!! Ya sumpah deh. *yakin??!!.. yakin *ciyus?!!!! yo. * Miapaaaah?!!!! wacaaaw koment  lagi ane kasih piring cantik gratis dilempar lo.
 
Ok selamat mencoba ya. Tahlukan cintamu dengan masakanmu * tag line ngawor!
 
 
 

1 comments:

Unknown said...

nice post...upa ane cowok kok masuk yaa???
ehe..mak ane lagi sibuk..

Post a Comment